0

Menyulap Rumah Menjadi Homestay?

Rumah Klaten

Menyulap Rumah Menjadi Homestay?

Untuk meningkatkan nilai produktif rumah tinggal biasa secara ekonomi, anda dapat mengubah fungsi peruntukannya menjadi homestay bersewa harian. Asal kondisi rumahnya memenuhi syarat, mudah dan sederhana melakukannya. Tentu saja rumah dimaksud harus dilakukan perubahan, renovasi dan penyesuaian dengan fungsinya sebagai commercial building, istilahnya. Fungsi baru dari sisi tata ruang, penataan perabot, juga tampilan eksterior yang lebih akomodatif dan nyaman untuk tamu inap yang menempati. Secara umum, rumah tinggal biasa, sebagaimana kebanyakan dijumpai, peruangannya menggunakan pola standar. Berurutan dari ruang tamu, ruang keluarga, lalu ruang makan berada di ujung atau di sisi samping agak ke dalam, dari lajur depan untuk jenis bangunan satu lantai. Pada bangunan dua lantai, ruang keluarga rumah tinggal biasa, umumnya disiapkan di latai dua untuk alasan privasi keluarga. Perbedaan kental yang bisa dipelajari antara commercial buliding dan residential building dari objek rumah adalah pada proporsi ruangannya. Meski tidak definitif, bangunan yang dirancang dengan tata ruang terbuka, lebih banyak menyediakan area interaksi bagi penghuninya, bisa dikategorikan atau diberi embel-embel sebagai jenis commercial building. Homestay sebagai fungsi baru atas rumah yang tadinya menjadi tempat tinggal biasa, memerlukan rekonstruksi per ruangan dengan lebih banyak ruang terbuka.

Menyulap Rumah Menjadi Homestay-1

Menyulap Rumah Menjadi Homestay-2

Daripada Anda harus melakukan perombakan yang cukup besar, memanfaatkan rumah menjadi homestay atau penginapan sederhana bisa dicoba. Biasanya homestay hanya memiliki 2-3 kamar dan tak terlalu besar, tapi nyaman bagi tamunya, Anda pun tetap dapat tinggal di rumah tersebut. Agar homestay Anda menarik perhatian turis, lakukan trik ini.

Lakukan renovasi kecil

Tugas Anda hanyalah mempercantik ruangan dan dekorasinya agar tamu betah. Biasanya turis memilih menginap di homestay dengan alasan ingin menyatu dengan lingkungan sekitarnya, sekaligus merasa berada di rumah sendiri. Jadi biarkan bentuk rumah sesuai dengan aslinya. Buatlah halaman lebih asri dengan menambah tanaman serta merawatnya. Bujet renovasi kecil sekitar Rp20 juta – Rp30 juta.

Siapkan perlengkapan tambahan

Layaknya hotel, homestay pun memerlukan perlengkapan yang dibutuhkan selama turis menginap, seperti bahan makanan dan peralatan mandi. Anda pun bisa menambahkan fasilitas dengan menyediakan mobil sewaan dan tour guide. Fasilitas lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah menambah daya listrik serta jaringan internet.

Lihat lingkungan sekitar

Akan lebih baik jika lingkungan tempat tinggal Anda cukup ramai dan dekat dengan mini market serta tempat makan. Hal ini untuk mengesankan lingkungan yang kondusif dan tidak kumuh.

Urus perizinannya

Pastikan legalitas rumah lengkap dan Anda memiliki izin dari lingkungan untuk mendirikan homestay. Untuk menjalankan usaha, selain izin gangguan (HO) Anda juga diwajibkan memiliki izin operasional.

Bersihkan usai digunakan

Meski tamu hanya menginap satu hari, selalu bersihkan kamar begitu selesai digunakan. Pastikan barang yang ada di kamar kembali ke tempat semula, ganti seprai, buka jendela untuk memperlancar sirkulasi udara, sapu dan pel lantainya. Jangan lupa membersihkan kamar mandi, mengganti peralatan mandi, dan menambahkan pengharum ruangan.

Tetapkan aturan

Buatlah aturan homestay layaknya aturan di rumah pribadi. Misalnya, jika ada tamu yang menggunakan ruang makan, peralatan makan wajib dikembalikan atau dibersihkan. Tamu pun dilarang untuk membawa hewan peliharaan dan merokok di dalam ruangan.

Iklankan secara online

Selain mengiklankan homestay Anda melalui airbnb, Anda juga dapat bekerja sama dengan biro perjalanan online atau mendesain website. Iklan ini manfaatnya agar calon penyewa kamar bisa membandingkan penginapan Anda dengan penginapan lainnya.

Menyulap Rumah Menjadi Homestay?

Menjadikan rumah sebagai modal untuk membuka usaha homestay bisa mendatangkan usaha yang menggiurkan. Memilih konsep yang sesuai serta strategi promosi yang pas pasti akan membuat modal yang anda keluarkan dapat kembali dengan cepat dalam beberapa tahun. Jika anda mempunyai rumah di lokasi yang strategis, lebih baik dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dengan mengubah rumah anda untuk menjadi homestay. Homestay sendiri adalah penginapan yang memiliki fasilitas lengkap dan terkadang pemilik rumah juga ikut menghuni bersama-sama dengan para tamu. Menguntungkan dan memberi investasi jangka panjang, bukan? Tips menyulap rumah menjadi homestay ala www.galmasciptagraha.com memang bisa diaplikasikan jika sesuai dengan keinginan. Mencoba menginvestasikan rumah pribadi untuk penginapan? Kenapa tidak?
Beli Rumah GO GREEN seharga 200 jutaan, dapatkan GRATIS AC!
Segera hubungi Tim Marketing PT. GALMAS CIPTA GRAHA:
Esti 0823 1370 9293
Hasim 0812 2989 3009
Unit Terbatas! Booking SEGERA!

Incoming search terms:

Leave a reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dikembangkan oleh LKP KEMBAR